PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI INFORMASI
TENTANG
KECERDASAN BUATAN
By : Ratma
Satibi
1127050128

Pengertian
lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.
Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja.
Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin
mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat
hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk
mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Manusia
bisa menjadi pandai dalam menyelesaikan segala permasalahan di dunia ini karena
manusia mempunyai pengetahuan dan pengalaman Pengetahuan diperoleh dari
belajar. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu
saja diharapkan akan lebih mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Namu bekal
pengetahuan saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan
penalaran, mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang
mereka miliki. Tanpa memiliki kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia
dengan segudang pengalaman dan pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan
masalah dengan baik. Demikian pula dengan kemampuan menalar yang sangat baik,
namun tanpa bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai, manusia juga tidak
akan bisa menyelesaikan masalah dengan baik.
Agar
komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus
diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu AI
akan mencoba untuk memberikan beberapa metoda untuk membekali komputer dengan
kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar.
Lingkup
utama kecerdasan buatan:
- Sustem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
- Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
- Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
- Robotika dan Sistem sensor
- Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer
- Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar
Keuntungan
Kecerdasan Buatan :
- Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
- Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Keuntungan
kecerdasan alami:
- Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun
- Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
- Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
Beberapa
program AI (1956 – 1966)
-Logic
Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, dapat membuktikan
teorema-teorema matematika •Sad Sam (Robert K Lindsay – 1960), dapat mengetahui
kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan
jawaban berdasarkan fakta yang didengar dalam sebuah percakapan •
-ELIZA
diprogram Joseph Weizenbaum (1967), mampu memberi terapi terhadap pasien dengan
memberikan beberapa pertanyaan
1. Suatu cara yang sederhana untuk
membuat komputer dapat “berpikir” secara inteligent
2. Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.
3. Suatu studi bagaimana membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saat ini, orang dapat mengerjakan lebih baik
4. Bidang ilmu komputer yang memungkinkannya untuk memahami, bernalar dan bertindak.
Tujuan AI:
1. Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
2. Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja
Arah AI:
1. Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar / expert systems)
2. Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI melalui pemodelan cara berpikirnya manusia, atau cara bekerjanya otak manusia (neural networks).
2. Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari perancangan sistem komputer yang inteligent, yaitu suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.
3. Suatu studi bagaimana membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saat ini, orang dapat mengerjakan lebih baik
4. Bidang ilmu komputer yang memungkinkannya untuk memahami, bernalar dan bertindak.
Tujuan AI:
1. Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
2. Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja
Arah AI:
1. Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI tanpa mengikuti cara manusia menyelesaikannya (sistem pakar / expert systems)
2. Mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah AI melalui pemodelan cara berpikirnya manusia, atau cara bekerjanya otak manusia (neural networks).
Kunci Ponsel dengan “Software” Deteksi Wajah
Sistem
pengamanan ponsel tampaknya akan semakin kokoh dan memanfaatkan sisi personal
sebagai medianya. Hal ini menandakan bahwa erapassword dan PIN
sudah semakin kurang aman. Adalah para ilmuwan di Universitas Manchester
mengembangkan perangkat lunak yang akan digunakan di ponsel dengan memanfaatkan
wajah penggunanya. Sebenarnya,perangkat ini sudah diadopsi pada notebook, webcam,
dan Xbox.
Cara
kerja software ini adalah dengan memanfaatkan kamera ponsel
(khususnya kamera depan) yang akan meng-capture wajah si pemilik
ponsel. Kemudian ada 22 titik di wajah yang menjadi kunci verifikasi untuk
selanjutnya ponsel pun aktif seperti sedia kala. Dengan cara ini, ditengarai
akan lebih akurat dan tentu jauh lebih aman karena pada dasarnya wajah setiap
orang memiliki perbedaan yang signifikan, meskipun kembar.
Lantas
apa bedanya dengan pendeteksi wajah yang selama ini sudah digunakan?
“Mobile
face tracker (nama umum perangkat lunak yang sudah ada) hanya
menentukan titik di wajah secara perkiraan saja untuk kemudian dibuat skala,”
kata Dr Phil Tresadern, ketua tim pembuatan software ini.
Pemanfaatnya
bahkan bisa digunakan tidak hanya sekadar membuka menu, tetapi juga akses
ke e-mail, social network, dan paling penting online
banking.
“Prosesnya
sangat cepat dan saya tidak melihat hal lain yang akan menjadi rival, khususnya
di pemakaian ponsel,” ujar Tresadern lagi.
Proyek
percobaan akan dilakukan pertama kali pada Nokia N900 dan akan menjadi bagian
dari proyek Mobile Biometrics (MoBio)
Kelebihan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah : keamanan data pada posel tersebut terjamin, tidak sembarang orang bisa
membukanya, efektif
Kekurangan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah : mahal, tidak efisien jika diperluka pada saat yang mendesak
- Kecerdasan Buatan di bidang Ekonomi dan Bisnis
Contoh
Aplikasi : e-business, e-marketing, e-commerce, FOLIO – Membantu memberikan
keputusan bagi seorang manager dalam hal stok broker & investasi, Aplikasi
Pemantau Naik turunnya Mata Uang, Pemantau naik turunnya harga saham, aplikasi
yang memantau naik turunnya harga logam, aplikasi yang memantau naik atau
turunnya harga emas, memantau harga jual minyak dll
Penggunaan
kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham dan
memanagemen property. Sebuah system yang memiliki kecerdasan buatan dapat
mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta
dapat mengkalkulasi probilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat
digunakan untuk menentukan investasi secara detail. Menggunakan jaringan syaraf
tiruan yang dapat mendeteksi adanya perubahan-perubahan harga saham pada masa
yang akan datang, membuat system kecerdasan buatan ini layak di gunakan pada
bidang ekonomi dan bisnis.
Kelebihan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah kita data memperkirakan kapan kita menjual atau membeli saham dll.
Kekurangan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah para pebisnis mungkin akan merasa tergantung dengan aplikasi tersebut
sehingga tidak menggunakan pemikiran mereka dalam berbisnis.
- Kecerdasan Buatan di bidang Pendidikan
Contoh
Aplikasi : smart learning, e-learning, Deteksi Bakat Anak Melalui Sidik
Jari, game interaktif (flip word – menyusun kata dalam bahasa inggris, zuma
deluxe – permainan warna, games Othello , Sudoku Solver dll), Logic Theorist –
untuk pembuktian teorema matematika, Sad Sam (oleh Robert K.Lindsay, 1960) –
program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan
memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah percakapan, ELIZA –
Eliza merupakan salah satu Sistem Pakar yang paling awal dikembangkan. Ini
adalah program komputer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT tahun
1976. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan
seorang terapis.
- Deteksi Bakat Anak Melalui Sidik Jari
Sidik
jari adalah sesuatu yang unik, setiap manusia di dunia memiliki sidik jari yang
berbeda beda. Potensi dan bakat terpendam anak kini bisa dideteksi hanya
melalui pemindaian sidik jari. Teknik itu bisa membaca kelebihan dan kekurangan
anak serta solusinya dengan tingkat akurasi 95 persen. Setiap anak memiliki
keunikan, bakat, dan kelebihan masing-masing sejak dilahirkan ke dunia.
Kebanyakan orang tua tentu saja ingin mengetahui potensi bawaan dan bakat
terpendam anaknya agar mereka bisa menentukan metode pendidikan yang sesuai
bagi sang anak.
Menurut
Jason Teo, Chief Operating Officer (COO) Brain Child Leaming(BCL),teknologj
dmnaro-glyphics (teknologi memindai 10 jari manusia) dapat dipakai untuk
membuktikan seberapa besar kapasitas yang dimiliki anak sejak lahir, mengetahui
potensi bawaan, serta bakat terpendam anak. Teknologi tersebut, lanjut Jason,
mulanya dikembangkan di Harvard University, Cambridge, Massachusetts, Amerika
Serikat (AS).
Selanjutnya
BCL mengembangkan teknologi dermatoglyphics selama 15 tahun untuk disesuaikan
dengan kebutuhan tes bagi anak-anak di Asia. Dilihat dari cara kerjanya,
teknologi yang berupa perangkat lunak itu menghitung jumlah garis dalam sidik
jari manusia. Setelah itu, software akan mengukur derajat antara pertemuan
garis dan pusat pada motif garis di jari. Seusai pengukuran, perangkat lunak
tersebut akan menganalisis karakter seseorang berdasarkan jenis sidik jari.
Secara umum, jenis sidik jari manusia ada empat macam, yaitu whorl (W), ulnar
loop (U), radial loop (R), dan arch (A). Orang dengan jenis sidik jari whorl
biasanya memiliki karakter independen, kompetitif, keras kepala, dan proaktif.
Karakter orang yang memiliki jenis sidik jari ulnar loop biasanya emosional,
memiliki kemampuan adaptasi yang cepat, serta mudah berinteraksi. Orang yang
memiliki jenis sidik jari radial loop biasanya cenderung egois dan memiliki
pemikiran terbalik. Adapun karakter orang yang memiliki jenis sidik jari arch
cenderung praktis, realistis, efisien, tetapi konservatif.
Kombinasi
Amerika-Asia
Jason
mengatakan perangkat lunak dermatoglyphics tersebut dapat mengenali karakter
seseorang sesuai dengan data base yang sebelumnya memang sudah dimasukkan saat
pempro-graman. Basis data itu dibangun berdasarkan data statistik, ilmu
dermatoglyphics, dan ilmu genetic
Data
statistik perangkat lunak dermatoglyphics itu berasal dari sidik jari 3 juta
orang. Sampel tersebut merupakan kombinasi dari masyarakat Amerika dan Asia.
Dengan demikian, sampel telah mewakili orang-orang dari belahan dunia Barat dan
Timur. Pempro-graman data base perangkat lunak dermatoglyphics juga bersumber
dari perkembangan ilmu dermatoglyphics, yaitu studi yang mempelajari sifat
alamiah sidik jari.
Dari
hasil penelitian para ilmuwan di bidang dermatoglyphics, diketahui bahwa setiap
individu di dunia memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Karakter sidik jari
manusia juga ternyata berhubungan erat dengan bagian fungsi otak. “Ibu jari
memiliki jalinan ke otak depan. Motif garis ibu jari itu bisa menunjukkan
karakter seseorang,” kata lason.
Telunjuk
memiliki hubungan dengan otak depan yang posisi nya lebih atas. Motif garis
telunjuk tersebut dapat menunjukkan pemikiran logis dan kreativitas seseorang.
Jari tengah memiliki keterkaitan dengan otak bagian atas. Motif jari tengah itu
dapat menunjukkan kontrol pergerakan minor dan mayor seseorang.
Adapun
jari manis memiliki jalinan dengan otak yang berada di belakang telinga. Motif
jari manis itu kerap dikaitkan dengan kontrol pendengaran. Sedangkan jari
kelingking memiliki hubungan dengan otak belakang. Motif jari kelingking itu
dapat menunjukkan tingkat konsentrasi maupun penglihatan seseorang.
Jari-jari
tangan sebelah kanan seseorang, kata Jason, mewakili fungsi otak sebelah kiri.
Otak kiri berfungsi untuk melihat perbedaan angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan,
dan logika. Sedangkan jari-jari tangan sebelah kiri seseorang mewakili fungsi
otak sebelah kanan. Otak kanan berfungsi untuk melihat persamaan, khayalan,
kreativitas, bentuk ruang, emosi, musik, dan warna.
Data
base perangkat lunak dermatoglyphics diprogram berdasarkan ilmu genetika. Umum
diketahui, gen merupakan unit dasar dalam kehidupan manusia. Gen bertindak
seperti kode kehidupan manusia yang menerima dan menyampaikan pesan-pesan
turun-temurun dari satu generasi ke geneffgi berikutnya. Gen erat kaitannya
dengan motif sidik jari yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Motif sidik
jari anak pasti akan sama dengan orang tua atau kakeknya,” ujar Jason.
Secara
medis, motif sidik jari manusia terbentuk sempurna pada minggu ke-13 ketika
janin mulai berkembang. Jason menambahkan dengan data base yang lengkap,
otomatis perangkat lunak dermatoglyphics dapat mengetahui karakter sidik jari
manusia yang berbeda-beda secara spesifik dan akurat. “Alhasil, teknologi itu
dapat membaca kelebihan juga kekurangan anak serta solusinya dengan tingkat
akurasi mencapai 95 persen,” klaim Jason.
Kekurangan
dari aplikasi ini adalah : teknologi itu hanya efektif untuk mengetahui
kompetensi anak pada usia 5 hingga 15 tahun. Rentang usia tersebut merupakan
masa perkembangan otak manusia. Pada masa-masa itu pula segala potensi anak
masih berpeluang dikembangkan. Sedangkan saat usia anak mencapai lebih dari 15
tahun, pembentukan karakter lebih sulit karena anak sudah memiliki pemikiran
matang.
Kelebihan
dari aplikasi ini adalah : dapat mengetahui kemampuan,
potensi, bakat si anak, sehingga orang tua dapat mengembangkan potensi dari
anaknya.
- Kecerdasan Buatan di bidang Agronomi dan Pertanian
Contoh
Aplikasi : Aplikasi Deteksi Cuaca, Aplikasi deteksi Curah Hujan, Aplikasi
Deteksi Bencana Alam, Aplikasi Deteksi Kecocokan Lahan
Dalam
bidang ini AI dapat digunakan untuk menganalisis keadaan iklim, mensimulasikan
keadaan iklim tersebut dan menganalisis dampak dari perubahan iklim tersebut
baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh
manusia untuk mengambil suatu tindakan yang tepat untuk mengatasi perubahan
iklim yang terjadi. Contoh lainnya adalah Di daerah amerika yang memiliki
potensi munculnya angin tornado yang sangat besar AI dapat digunakan untuk
menganalisis pola pergerakan dari angin tersebut, hal ini berdampak untuk
meminimalkan jatuhnya korban jiwa akibat angin tornado ini, karena manusia
dapat mengambil keputusan yang benar kemanakah mereka harus menjauhi angin
tornado tersebut.
Kelebihan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pertanian
Indonesia, meningkatkan nilai jual hasi pertanian Indonesia, mempermudah para
petani dalam mengolah lahan pertanian mereka.
Kekurangan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah banyak petani-petani di Indonesia masih tidak bisa menggunakan teknologi
tersebut, terbatasnya factor ekonomi, terbatasnya Sumber Daya Manusianya yang
paham komputer, pemikiran yang masih tradisional, pemikiran yang tidak ingin
maju, terbatasnya sarana dll.
- Kecerdasan Buatan di bidang Teknik dan Rekayasa
Contoh
Aplikasi : DELTA-Pemeliharaan lokomotif listrik diesel, DENDRAL-
Mengidentifikasi struktur molecular, Delco Electronics menciptakan sebuah mobil
yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap
bertahan di jalan, Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi
kendaraan otomatis
Robot
ASIMO menggunakan sensor dan algoritma kecerdasan buatan untuk menuruni tangga
dan menghindari rintangan.
Banyak
hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika
relative tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan,
menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Disisi
lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan sampai
sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh :
Pengenalan Obyek / muka, bermain sepak bola.
Walaupun
AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat
penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan
adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitiann dalam AI menyangkut
pembuatan mesin untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang membutuhkan perilaku
cerdas.
Kelebihan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah dapat meringankan pekerjaan manusia, dapat menjadi teman manusia,
efektif dll
Kekurangan
aplikasi ini, menurut saya sebagai mahasiswa
adalah mahal, Sumber Daya Manusia yang tidak dibutuhkan lagi, tidak efisien,
perawatan mahal dll
Daftar Pustaka :
http://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/
(sabtu, 15 desember 2012) 14.36
http://tugasdenny.wordpress.com/2012/03/05/macam-serta-fungsi-dari-aplikasi-kecerdasan-buatan/
(sabtu, 15 desember 2012) 15.07
Tidak ada komentar:
Posting Komentar